Responsive image

Drs. H. A. SURKATI, M.SI
Kepala Sekolah

Pengembangan Diri - Olahraga


KONSEP PENYELENGGARAAN PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER  BIDANG

KESEGARAN JASMANI DAN OLAHRAGA DI SMA NEGERI 4 SUNGAI PENUH

 

A. Latar Belakang

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang harus digunakan dalam mengembangkan upaya pendidikan di Indonesia. Pasal 3 Undang-Undang Sisdiknas menyebutkan, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Tujuan pendidikan nasional itu merupakan rumusan mengenai kualitas manusia Indonesia yang harus dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Oleh karena itu, rumusan tujuan pendidikan nasional menjadi dasar dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa.

 

Pendidikan adalah suatu usaha yang sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik. Kemudian, pendidikan merupakan suatu usaha masyarakat dan bangsa dalam mempersiapkan generasi mudanya bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan. Keberlangsungan itu ditandai oleh pewarisan budaya dan karakter yang telah dimiliki masyarakat dan bangsa. Oleh karena itu, pendidikan adalah proses pewarisan budaya dan karakter bangsa bagi generasi muda dan juga proses pengembangan budaya dan karakter bangsa untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat dan bangsa di masa mendatang.  Sasaran pendidikan yang tepat merupakan kunci dari keberhasilan satuan pendidikan dalam mencerdaskan peserta didik baik itu secara kognitif, afektif dan psikomotor. Dalam hal ini, wujud dari ketepatan sasaran pendidikan adalah lahirnya konsep moral siswa yang berkarakter kuat dan berkembangnya potensi prestasi siswa segala bidang ke arah yang lebih baik.

 

Salah satu langkah dan tindakan aktisipatif dalam membentuk moral dan karakter peserta didik disekolah adalah melalui jalur program pengembangan diri siswa dalam kegiatan ekstarkurikuler bidang kesegaran jasmani dan olahraga yang terprogram dan sistematis. Sebagaimana digariskan dalam  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dinyatakan bahwa, “Pengembangan diri merupakan salah satu komponen struktur kurikulum setiap satuan pendidikan, dimana disebutkan bahwa pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru”. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah/madrasah.

 

SMA Negeri 4 Sungai Penuh merupakan salah satu sekolah di kawasan perkotaan yang malaksanakan pengembangan diri dalam kegiatan ekstrakurikuler bidang kesegaran jasmani dan olahraga secara terprogram dan sistematis. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik yang belajar dan berlatih, kemudian majelis guru sebagai pemandu dan pelatih berdasarkan tugas dan fungsi bidang cabang olahraga yang digeluti. Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dengan waktu yang sudah ditetapkan dalam minggu efektif pembelajaran dan terintegrasi didalam kurikulum yang sasaran akhirnya mendorong tercapainya visi sekolah yaitu untuk “Mewujudkan peserta didik yang berakhlakul karimah, unggul dalam IPTEK, berprestasi dalam olahraga dan seni”.

 

B. Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari kegiatan pengembangan diri bidang kegiatan kesegaran jasmani dan olahraga adalah sebagai berikut:

1. Secara Umum

Pengembangan diri bidang kesegaran jasmani dan olahraga bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat,  minat, kondisi dan perkembangan peserta didik, dengan memperhatikan kondisi sekolah.

2. Tujuan Khusus

Pengembangan diri bertujuan menunjang pendidikan peserta didik dalam mengembangkan:

a. Bakat dalam cabang olahraga yang diikuti

b. Minat dalam cabang olahraga yang diikuti

c. Kreativitas dalam menekuni cabang olahraga

d. Kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan sehat melalui olahraga

e. Kemampuan sosial melalui olahraga

f.  Kemampuan belajar dalam cabang olahraga

g. Wawasan dan perencanaan karir dalam bidang olahraga

h. Persatuan dan kesatuan sesama melalui olahraga

i.  Rasa  Kemandirian, disiplin dan sportifitas melalui olahraga

 

C. Jenis Kegiatan dan Cabang Olahraga

1. Pembinaan kesegaran jasmani melalui jalan sehat bersama

2. Bolabasket

3. Bola Volly

4. Sepak Bola

5. Sepak Takraw

6. Tenis Meja

7. Bulu Tangkis

8. Catur

 

D. Sasaran Kegiatan

Adapun  sasaran dan hasil yang dicapai dari kegiatan ekstrakurikuler bidang kesegaran jasmani dan olahraga adalah sebagai berikut:

1. Secara Kognitif yaitu melalui fungsi fisiologis gerak tubuh dengan teratur menghasilkan kondisi jasmani yang sehat dan mampu mengalirkan oksigen ke sel otak, guna mewujudkan peserta didik yang mempunyai kemampuan dan daya tahan berpikir yang kuat dalam mengikuti pembelajaran secara kognitif di sekolah.

2. Secara Afektif yaitu melalui nilai sportifitas, disiplin, kejujuran, semangat, kerja keras, ulet dan kerja sama yang terkandung didalam kegiatan olahraga, dapat mewujudkan peserta didik yang mempunyai mental berakhlakul karimah dan berkarakter yang kuat dalam mencapai cita-cita kehidupan yang lebih baik.

3. Secara Psikomotor yaitu melalui kegiatan belajar dan latihan dalam keterampilan gerakan motorik cabang olahraga, dapat mewujudkan peserta didik yang berprestasi dan profesional dalam cabang olahraga yang ditekuni.


E.Struktur Pembina dan penanggung jawab dalam kegiatan ekstarkurikuler bidang kesegaran jasmani dan olahraga.

1. Pembina       : Sutarso, S.Pd (Ka. SMA Negeri 4 Sungai Penuh)

2. Koordinator

a). Drs. Zamora (Wakasek Kesiswaan)

b). Maizirwan, S.Pd (Wakasek Kurikulum)

c). Sukiman, S.Pd (Wakasek Humas)

d). Drs. Wizril (Wakasek Sarana dan Prasarana)

3. Pananggung Jawab  :

a. Bidang Kesegaran Jasmani : Seluruh Wali Kelas X, XI dan XII

b. Bolabasket : Norman, S.Pd

c. Bola Volly :

1). Roli Darsa, S.Pd

2). Deni Rosita, S.Pd

3). Elleffrisawati, S.Pd

d. Sepak Bola :

1). Wandri Gusri, S.Pd

2). Dra. Netty Herawaty

3). Firmawati, S.Pd

e. Tenis Meja :

1). Nina Elizya, S.Pd

2). Melindha Florina Sari, S.Pd

f. Bulu Tangkis :

1). Jafril, S.Pd

2). Masrizalmi, S.Pd

g. Catur :

1). Zulfikri, S.Pd

2). Drs. Ahmad Yani

 

F. Dokumentasi Foto Kegiatan Ekstrakurikuler Bidang Kesegaran Jasmani dan Olahraga.








Wakil Kepala Sekolah

NORMAN, S.Pd
WAKASEK BIDANG KURIKULUM

Drs. ZAMORA
WAKASEK BIDANG KESISWAAN
   
 SUKIMAN, S.Pd
WAKASEK BIDANG HUMAS
AZIR, S.Pd
WAKASEK BIDANG SDM 
   
MAIZIRWAN, S.Pd
WAKASEK BIDANG SARANA DAN PRASARANA

 

Video Pembelajaran

Link Pendidikan


Info SNMPTN

FB SMAN 4 Sungai Penuh

Statistik Kunjungan

blog counter

Aplikasi Manajemen Sekolah Online

Pencarian

Loading

Translate

Inggris Prancis Jerman Jepang Cina